Sabtu, 23 Februari 2013

SEJARAH SMA NEGERI 1 LUMAJANG




SEJARAH SMA NEGERI 1 lUMAJANG



Pada tanggal 17 Agustus 1959 oleh Yayasan Pendirian Sekolah Lanjutan Lumajang dengan pengurus harian sbb:
1. Ketua / Kepala Daerah : Bp. Soendjoto
2. Sekretaris                  : Bp. Djoewari
3. Bendahara                   : Bp. Soedjono

          Didirikan Sekolah Menengah Atas B/C Lumajang dengan menempati dua ruang gedung SGB Negeri Lumajang.
Para pembantu yayasan antara lain :
1.     Seksi Pendirian Gedung Sekolah Bp. Soeprapto.
2.    Bagian Pengajaran Bp. Mohammad Aksari.
3.    Pejabat Sementara Kepala Sekolah Bp. RM. Soempeno.


          Pada tanggal 25 Agustus 1959 pelajaran dimulai dengan menempati 2 ruang kelas di SGB Negeri. Bermula dibuka 2 kelas yaitu IB dan IC masing-masing dengan siswa sebanyak 48 IB dengan Wali Kelas Bp. Mohammad Aksari dan 42 siswa kelas IC dengan Wali Kelas Bp. Sasbani.

          Untuk pertama kalinya guru yang mengajar adalah Bp. Soegianto , Bp. Saleh Abdurrachman, Bp. Moh Aksari, Bp. Sasbani dan Bp. RM Soempeno.
Pada bulan September 1959 Bp. Moh Aksari mendapa tugas dari yayasan untuk mencari guru lulusan BT atau yang sederajad. Tetapi karena banyak yang belum mau menjadi guru yayasan, maka hanya mendapat 2 orang lulusan Paedagogik yaitu Su Djoehanan, dan Bu Djoensiyah, serta guru ilmu pasti lulusan SI yaitu Bp. Moh Ramli. Guru-guru tersebut mulai aktif pada bulan Oktober 1958.
Pada saat itu tugas yayasan adalah membiayai jalan pelajaran dan pendirian gedung sekolah yang tanahnya dari Bp Petinggi maskap.

          Pada 16 Juli 1960 terjadi perubahan pengurus Harian yayasan yaitu ketuanya adalah Bapak R Soelaeman, lain-lainnya sementara tetap.
Pada November 1959 datang meninjau dari inspeksi Pusat Sekolah Lanjutan yaitu Bp. R. Siwoyo untuk melihat persiapan tentang Pendirian Sekolah.
Pada tanggal 16 Juli 1960 datang telegram dengan alamat Kepala Daerah yang waktu itu adalah Bp. Soekarjono yang menyatakan bahwa SMA B/C Lumajang mulai dengan 1 Agustus 1960 menjadi SMA A/B/C Negeri Lumajang, yang SK nya baru datang kemudian dengan sk tanggal 16 Juli 1960.


         
Pada tanggal 19 Agustus 1960 terjadi serah terima dari Bp. Soekardjono Bupati Kepala Daerah sebagai pelindung yayasan pendirian Sekolah Lanjutan bertindak atas nama dan untuk yayasan menyerahkan SMA A/B/C Negeri berikut guru-guru, pegawai TU dan gedung beserta mobiler dan perlengkapan lain kepada Kepala Perwakilan P.P dan K Daerah Jawa Timur yang diwakli oleh Bp. Samadi Darmosoedirjo. Kepala Urusan SMA di Jawa Timur.

Para saksi pada saat itu adalah :
1.     Bp. Komandan Kodim Bp. R Soejono
2.    Bp. Sekretaris yayasan Bp. Djoewari
3.    Bp. Pengurus Harian yayasan Bp. R. Soelaeman.


           Pada tahun 1960 itulah berdatangan guru-guru yang pada saat itu masih guru honorer dengan pinjaman gaji dari yayasan untuk kelangsungan hidup dan jalan pelajaran. Guru-guru tersebut adalah :
1.     Bp. Bagiana
2.    Bp Soegeng
3.    Bu. Isniah
4.    Bp. Tukidja
5.    Bp. Hadi Soedirman
6.    Bp. Moh. Ramli
7.    Bu. Djoedjoe St. Dj
8.    Bu. Djoensijah
9.    Bp. Sasbani
10. Bp. Moh Aksari

Sementara itu ada guru yang sudah memiliki SK PPK yaitu :
1.     Bp. Prijo Samjoto
2.    Bp. Soenarjo

     Pejabat Kepala Sekolah Sementara tetap dipegang oleh Bp. RM Soempeno. Pegawai TU ialah :
  1. Bu. Wachid
  2. Bp. Hari
  3. Bp. Slamet Effendi.


          Setelah diurus oleh Bp. Soenarjo maka berdatangan dari PPK untuk guru-guru tersebut. Kecuali untuk 3 orang yaitu: Bp. Moh Aksari, Bu. Djoedjoe St. Djoehanah dan Bu. Djoensiyah mendapat SK pengangkatan menjadi guru di SPG waktu itu SGA Pilot Project Tambun. Maka per 1 Juli 1961 guru-guru tersebut meninggalkan SMA Negeri A/B/C menuju tempat baru :
Selanjutnya kami tidak lagi mengetahui tentang SMA Negeri Lumajang kecuali pada tahun 1964 � 1966 ketika Bp. Moh. Aksari masih dimintai bantuan mengajar pada SMA tersebut.


          Kepala Sekolah pada saat itu sudah dijabat oleh Bp. Samsuri SH, kemudian ketika beliau meninggal digantikan oleh Bp. Prijo Sanjoto.
Majulah SMA Negeri 1 Lumajang menjadi SMA terkenal yang siswa-siswanya banyak menjadi dokter, dan sarjana lainnya.

          Bukti autentik sejarah SMA Negeri Lumajang ada terlampir.

Penulis
(Mohammad Aksari)

SMA Negeri 1 Lumajang Dulu s.d Sekarang

Sejarah SMA Negeri 1 Lumajang, sejak berdiri hingga sekarang dapat diperiodisasi sebagai berikut :


- Periode I : tahun 1960 - 1975 ( Perintis )

          Merupakan SMA Negeri satu-satunya di Kab. Lumajang, yang secara historis bermula dari Sekolah Menengah Atas B/C, dengan 2 (dua) ruang kelas di SGB Negeri Lumajang, peserta didik 98 siswa. Melalui S/K tanggal 16 Juli 1960 dari Inspeksi Sekolah Lanjutan, menyebutkan mulai tanggal 1 Agustus 1960 SMA B/C Lumajang diubah menjadi SMA A/B/C. Saat itu yang menjadi kepala daerah Lumajang adalah Bp Soekarjono 1 Agustus 1960 itulah secara resmi lahir SMA Negeri 1 Lumajang.


- Periode II : tahun 1976 - 1992 ( Pembangunan dan Kompetisi )

          Merupakan masa pengembangan, penambahan ruang dan sarana belajar. Pada tahun 1976 SMPP dipersiapkan sebagai sekolah Persiapan di Lumajang dan awalnya para siswa menempati dan menggunakan fasilitas belajar (bergabung) di SMA Negeri 1 Lumajang, tahun 1977 SMPP berdiri sendiri yang seluruh pengajarnya berasal dari SMAN 1 Sejak saat itulah dimulai kompetisi sehat dibidang pendidikan antara SMA 1 dengan SMPP (SMA 2).


- Periode III : tahun 1993 - 2002 ( Masa Krisis)

          Merupakan masa merosotnya pamor SMA Negeri 1 Lumajang, khususnya dibidang akademik. Ditandai dengan menurunnya animo masyarakat terhadap SMA Negeri 1.


- Periode IV : tahun 2003 - ( Restrukturisasi )

          Merupakan masa dimulainya pembenahan dan penataan ulang terhadap berbagai bidang yang mengarah pada peningkatan prestasi akademik dan peningkatan sarana belajar. Menggunakan manajemen pengelolaan pendidikan yang mengikuti perkembangan jaman. Keterbukaan dalam pengelolaan dana, meningkatkan etos kerja dan menjalin kerjasama dengan pihak komite dan masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.


          Secara kelembagaan lulusan SMA N 1 Lumajang 35 % diterima di perguruan tinggi negeri, selebihnya diPTS dan terjun di masyarakat. Demikianlah sekelumit sejarah SMA N 1 Lumajang, yang sampai saat ini telah meluluskan kurang lebih 8000 alumni, dan sebagian besar pegawai Pemkab Lumajang adalah alumni SMA Negeri 1 Lumajang.

Semoga para alumni turut memberi kontribusi positif bagi kemajuan almamater tercinta, ditengah persaingan dan tantangan yang ada.

Senin, 18 Februari 2013

Tutorial Membuat Mail Merge Pada MS Word 2007


Tutorial Membuat Mail Merge Pada MS Word 2007
Hahahaha, ketawa dulu sebelum ngepost gan :D Postingan kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara membuat Mail Merge pada MS Word 2007. Selamat membaca gan \m/ 
Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak.
Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikatlabel, dan amplop.

    Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu:
  • Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima.
  • Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima.
    Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.

    Pada tutorial ini, data source menggunakan Excel, karena cara ini lebih cepat.
    Selain itu:
  • Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru.
  • Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaiki kekeliruan seperti salah pengejaan dan sebagainya.
  • Juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja yang lain.
    Misalnya dalam membuat sertifikat pelatihan yang pesertanya lebih kurang sama, maka akan lebih mudah memilih nama pada lembar kerja tersebut dan menyalinnya ke dokumen (data source) baru.

Langkah-langkah membuat mail merge adalah sebagai berikut:
      Tahap I Membuat Data Source
    1. Buat data source di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Data Surat.
      data source mail merge

      Tahap II Membuat Dokumen Master
    1. Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat.
      Beri jarak untuk menaruh nama dan alamat.
      Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source denganDokumen Master.
      Dokumen Master mail merge

      Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master
    1. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge.
      Start Mail Merge
    2. Selanjutnya kita akan memilih data source.
    3. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
    4. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klikOpen untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
    5. Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
    6. Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
    7. Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama.
    8. Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini.
      Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua <<data field>>.
      Tampilan Data Field
Tips:
      • Di sini kita dapat mengatur format surat, seperti memberi cetak tebal pada Nama dan sebagainya.
      • Bila hanya data tertentu saja yang ingin dipilih, lakukan cara berikut:
        1. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Edit Recipient List.
        2. Di kotak dialog Mail Merge Recipients, kosongkan kotak pada daftar seperti contoh di bawah ini.
      • Bila ada penambahan data baru di Excel, klik nama dokumen pada Data Source dan klik tombol Refresh. Data yang baru akan ditampilkan di daftar.
Mail Merge Recipients

    1. Untuk melihat hasil penggabungan, klik tombolPreviewResults.
      Surat akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.
      Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi tombolPreviewResults dan lakukan perubahan yang diinginkan.
      Preview Result - Mail Merge

      Tahap IV Menyimpan dan Mencetak Mail Merge
Finish and Merge
  1. Pada tahap ini, klik tombol Finish & Mergedan pilih:
    • Print Documents, untuk mencetak surat.
      Ada 3 pilihan:
      1. All untuk mencetak semua surat.
      2. Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.
      3. Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.
      Merge to Printer
    • Edit Individual Documents, untuk menyimpan hasil penggabungan ke dokumen baru.
      Pilihan sama dengan di atas (AllCurrent record dan nomor urut tertentu).
      Pada dokumen baru, setiap surat akan ditampilkan per halaman. Jangan lupa menyimpan dokumen baru tersebut.



      Semoga bermanfaat ...

Senin, 11 Februari 2013

Sejarah dan Perkembangan Komputer



Postingan kali ini saya akan mengenalkan sejarah dan perkembangan komputer ^^ semoga bermanfaat buat anda sob !!

Sejarah komputer yang perlu untuk diketahui secara detail. Sejarah perkembangan komputer berawal dari penemuan seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah seorang ilmuwan di dunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia, terutama perkembangan komputer.

Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin penghitung (Difference Engine no.1) merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal kompuer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu konpur dan dijuluki sebagai bapak komputer.

Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:

1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.

1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.

1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.

1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.

sejarah komputer

ENIAC komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saat pertamakali dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati.

ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.

1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama  UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.

Demikian sejarah perkembangannya komputer  yang berasal dari dari berbagai sumber.

Cara Mempercepat Koneksi Modem dengan Mudah

Cara Mempercepat Koneksi Modem dengan Mudah

Cara Mempercepat Koneksi Modem dengan Mudah - Cara mudah menaikkan/meningkatkan koneksi modem internet kita atau cara gampang dan ampuh menambah speed/kecepatan modem internet kita. Hay sobat semua, setelah beberapa lalu Blogaul update artikel mengenai cara mempercepat loading blog, makal di kesempatan yang baik ini, saya akan memposting artikel menarik lain yaitu mengenai cara gampang meningkatkan koneksi modem internet kita. Banyak sekali penggunga internet di Indonesia yang memakai modem untuk akses internetnya. Termasuk saya sendiri juga memakai modem untuk koneksi internet saya. Mempercepat koneksi internet modem pun menjadi kata-kata yang selalu saya ketikkan di google dan yahoo. Karena bisa dibilang kecepatan internet saya lumayan lemot dan sangat menjengkelkan. Mungkin kalian juga sering mencari trik cara mempercepat koneksi internet modem seperti saya. Namun belum pernah ketemu cara yang benar-benar ampuh untuk mempercepat koneksi internet. Sekarang tidak perlu lagi muter-muter mencari trik tersebut. Karena ini saya ingin berbagi trik yang kalian cari tersebut. Nah berikut ini trik cara mudah mempercepat koneksi internet modem yang saya dapatkan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Internet Speed


Mempercepat koneksi modem yakni dengan menggunakan software yang bernama Modem Boster.
Langkah pertama download dulu software modem booster ini, klik DISINI.
Setelah download langsung saja Instal modem booster. Setelah di instal tampilannya seperti ini.

Modem Booster1


Cara meningkatkan koneksi modem internet - Berikut ini langkah selanjutnya:
1. Connect kan modem kalian, kali ini saya ambil contoh modemnya pakai Smartfren.
Koneksi Modem Smart
2. Setelah modem sudah connect, selanjutnya jalankan aplikasi modem booster tadi.
3. Klik "Begin" pada modem booster, lihat gambar.
Modem Booster2
4. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
5. Dan hasil akhirnya bedakan dengan sebelum menggunakan aplikasi software modem ini, pasti berbeda dengan sebelumnya.
Berikut ini trik tambahan untuk mempercepat koneksi internet kalian:
Ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Klik Start.
  2. Klik Run.
  3. Ketikkan gpedit.msc.
  4. Lalu klik Ok.
  5. Kemudian klik Administrative Templates.
  6. Selanjutnya Klik Network.
  7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler.
  8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth.
  9. Lalu rubah setting menjadi Enable.
  10. Ubah Bandwidt Limitnya menjadi 0.
  11. Klik Apply, lalu OK.
  12. Langkah terakhir keluar dan Restart komputer.
Trik diatas mungkin akan lebih optimal jika dipakai 2 trick diatas. Tapi jangan sampai lupa kalau kecepatan internet modem juga dipengaruhi oleh sinyal dari siprovider. Kalau ternyata koneksi internet kalian lemot gara-gara sinyal yang kurang optimal maka kalian perlu mencari trik cara mengoptimalkan sinyal internet. Okey, demikianlah posting mengenai cara mempercepat koneksi modem dengan mudah. Semoga bermanfaat buat semua.
semoga postingan kali ini bermangfaat \m/

BAB 6 Variasi Dokumen Pengolah Kata



BAB 6
Variasi Dokumen Pengolah Kata


Tabel, grafik, gambar dan diagram adalah komponen pelengkap yang terkadang dibutuhkan pada saat pembuatan dokumen untuk memperjelas atau memberikan keterangan pada pembahasan yang kita buat.

A.Menyisipkan Tabel

1.Membuat Tabel Baru
Untuk menambah tabel ke dalam dokumen word langkah-langkahnya :
a.   Klik tab Insert lalu klik ikon Table pada grup Tables,
b.   Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan,
c.    Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak,maka setelah menekan ikon Table dilanjutkan dengan menekan Insert Table yang akan menampilkan kotak dialog Insert Table,
     1)   Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang akan disisipkan,
     2)  Pada number of rows, tentukan banyak baris yang akan disisipkan.
d.  Tabel baru akan ditambahkan pada dokumen. Untuk menambahkan style pada table klik tab menu Design, kemudian klik style pada ribbon Table Style.

2.Menyisipkan Baris atau Kolom Baru
Apabila dalam tabel yang telah dibuat terdapat kekuranagn baris atau kolom, maka kita dapat menyisipkan kolom atau baris baru.
a.   Sorot kolom/baris pada tabel  yang akan disisipkan dengan kolom atau baris baru,
b.   Pada Table Tools,klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut :
    1)   Insert Above : untuk menyisipkan baris baru di atas baris yang disorot,
    2)  Insert Below : untuk menyisipkan baris baru di bawah baris yang disorot,
    3)  Insert Left : untuk Mmnyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom kiri,
    4)  Insert Right : untuk menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom kanan.

3.Menghapus Sel,Baris,Kolom atau Table
Apabila dalam tabel yang akan kita buat ada kelebihan sel,baris atau kolom,maka kita bisa menghapus sel,kolom,atau baris itu,juag bisa langsung menghapus seluruh tabel yang ada dengan cara :
a.   Sorot kolom atau baris yang akan dibuang,
b.   Pada Table Tools,klik tab Layout.Pada gtup Rows & Columns,klik perintah Delete dapat memilih pilihan berikut :
     1)   Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point.
    2)  Delete Columns untuk menghapus kolom yang tersorot.
    3)  Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot.
    4)  Delete Table untuk menghapus tabel yang tersorot.

3.Merubah Perataan Teks pada Setiap Sel
Teks yang kita masukkan ke dalam tabel dapat dirubah perataannya dengan menggunakan aligment pada tab Home,di grup paragraph namaun itu hanya untuk perataan horizontal saja.Kita juga dapat menggunakan perataan tersebut sekaligusmemposisikan teks berada di bagian atas sel,bagian tengah sel ataupun bagian bawah sel.Langkah-langkahnya :
a.   Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/posisinya,
b.   Pada Table Tools di tab Layout dan grup Alligment,kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan atau posisi dengan keinginan kita.
Untuk mengatur orientasi/arah teks pada tabel langkah-langkahnya :
a.   Sorot teks pada tabel yang akan dirubah orientasinya,
b.   Pada Table Tools di tab Layout dan grup Alligment,kita dapat menekan perintah Text Direction dan lakukan beberapa kali sehingga arah teks sesuai dengan keinginan kita.

4.Menggabungkan Sel
Untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu,langkah-langkahnya :
a.   Sorot beberapa sel yang akan digabung,
b.   Klik perintah Merge Cells pada Table Tools,di tab Layout dan grup Merge.

5.Mengatur Lebar Baris atau Kolom
Untuk mengatur ukuran baris atau kolom,langkah-langkahnya :
a.   Sorot baris atau kolom yang akan diubah ukurannya,
b.   Klik tab Layout,pengaturan lebar baris dan kolom terdapat pada ribbon Cell Size.

B.Menyisipkan Grafik

Dalam membuat naskah kadang-kadang diperlukan grafik untuk menggambarkan kondisi tertentu,misalnya grafik hasil penjualan.Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam menyisipkan grafik.
a.   Klik Tab Insert,sehingga muncul ikon-ikon untuk pembuatan grafik,lali klik Chart,
b.   Akan muncul Chart Type yang berisi tipe-tipe grafik.Pilih salah satu dengan klik.
c.   Akan muncul tampilan grafik dan jendela Excel. Pada jendela Excel terdapat tabel yang berhubungan dengan table.Ubah komponen pada tabel tersebut,
d.   Setelah selesai klik ikon pada Excel.Grafik pada dokumen Word telah berganti.

C.Menyisipkan Gambar

1.Menyisipkan ClipArt
ClipArt adalah gambar atau ilustrasi yang disediakan Microsoft Word.Gambar-gambar ini dapat ditambahkan dalam teks sehingga memperindah tampilan teks.Untuk menambahkan ClipArt,dapat melakukan langkah-langkah berikut :
a.   Klik menu Insert kemudian klik ikon ClipArt.Sehingga muncul kotak dialog seperti gambar ClipArt,
b.  Lakukan klik pada kotak Organize clips.Sesaat kemudian,akan muncul kotak dialog “Collection List”
c.    Pada kolom Collection List,kita dapat memilih sumber ClipArt yang dapat diambil.Khusus untuk mengambil ClipArt dalam Microsoft Office,lakukan klik ganda pada folder Office Collection. Sesaat kemudian akan muncul folder-folder pilihan yang memuat ClipArt. Lakukan klik pada salah satu folder,misalnya folder Buildings.Selanjutnya akan muncul pilihan gambar-gambar yang dapat diambil. 

2.Menyisipkan Gambar
Ilustrasi yang dapat ditambahkan ke dalam tidak terbatas hanya ClipArt, gambar referensi lain dapat pula ditambahkan. Untuk menambahkan gambar dalam teks, dapat melakukan langka-langkah berikut :
a.  Letakkan kursor di bagian dokumen yang diinginkan. Klik menu Insert, kemudian pilih Picture.Lanjutkan dengan memilih From File.Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Picture,
b.   Caliah letak gambar yang diinginkan pada kotak Look in,
c.    Klik nama file gambar tersebut,
d.   Klik Insert sehingga gambar menyisip dalam dokumen.

D.Membuat Mail Merge
Fasilitas Mail Merge tentu sudah dikenal. Namun dengan berkembangnya Microsoft Word 2003 ke Microsoft Word 2007,  pengguna akan sedikit mengalami kesulitan.Pada Tutorial kali ini,kita akan membahas langkah-langkah sederhana menggunakan Mail Merge pada Microsoft Word 2007 :
1.    Tuliskan kata ‘kepada’ dan ‘di’ pada lembar kerja MS Word 2007,
2.   Pilih menu Mailing,
3.   Pilih menu Start Mail Merge,
4.   Pilih menu Step by Step Mail Merge Wizard,
5. Di sebelah kanan akan muncul sub menu mail merge. Pilih letters untuk membuat tipe dokumen dalam surat.Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol next yang ada di bawah,
6.  Pada step ke-2,pilihlah Use The Current Document untuk menggunakan dokumen yang sedang digunakan atau pada saat awal telah dibuat.Setelah itu dilanjutkan dengan menekan tombol next yang ada di bawah,
7.  Pilih Type a new list membuat daftar atau data baru yang akan digunakan atau dimasukkan ke dalam surat.Lanjutkan dengan menekan menu Create,
8.   Setelah muncul menu New Addres List, pilih sub menu Customize Addres List. Sub menu ini digunakan jika hendak mengganti judul data yang akan dimasukkan,
9.   Pada sub menu tersebut telah terdapat daftar judul data.Untuk menghapusnya tekan menu Delete,
10. Untuk memasukkan judul data yang baru sesuai kainginan,pilihlah menu Add. Isi kolom kosong yang tersedia dengan judul data yang dibutuhkan dengan menekan menu Insert.Tekan OK untuk mengakhiri,
11. Setelah proses itu selesai, isilah judul data dengan data-data yang dibutuhkan dengan menekan menu new entry. Untuk mengakhiri tekan OK,
12. Secara otomatis akan muncul menu Save.Simpanlah data yang tadi telah dibuat, misalnya di “My Document”. Beri nama file data tersebut, misalnya “latihan Mail Merge”. Setelah itu akan muncul menu data yang dimasukkan pilihlah OK,
13. Namun jika menemukan ada data yang salah saat anda masukkan, maka klik nama file yang ada di kolom data source. Lalu pilih menu Edit,
14. Jika sudah kembali ke lembar kerja MS Word,pilihlah menu Insert Merge Field,
15. Masukkan judul data pada tempat yang sesuai. Misalnya nama dimasukkan setelah kata “kepada”.
16. Untuk menampilkan hasilnya pilih toolbar Preview Result hasilnya,
17. Untuk mencetak dokumen yang dibuat klik “Office button”.Kemudian pilih Print,
18. Muncul kotak dialog Print. Pilih jenis printer pada kotak Name. Pada Page range pilih “All” untuk mencetak semua halaman, pilih Current page  untuk mencetak halaman yang ditampilkan, dan kotak Copies untuk jumlah salinan dokumen yang akan dicetak.
\







Semoga bermanfaat :)

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Deals